Tuesday 11 February 2014

Air ditemukan di Planet Mars

Pesawat ruang angkasa NASA yang mengorbit Mars telah mendapat petunjuk pasti bahwa  indikasi adanya air berbentuk cair  di Planet Merah

air di mars,air diplanet merah,hidup di mars,makluk mars

Fitur yang gelap , tanda-tanda jari-seperti yang  menuruni beberapa lereng Mars ketika suhu naik . Petunjuk baru termasuk perubahan musiman yang sesuai pada mineral besi di lereng yang sama dan survei terhadap suhu tanah dan sifat-sifat lainnya di situs aktif . Ini membuktikan bahwa air asin dengan antibeku besi - mineral , seperti besi sulfat , dapat mengalir musiman , meskipun masih ada penjelasan lain .

Para peneliti menyebutnya arus gelap " berulang lineae lereng . " Akibatnya , RSL telah menjadi salah satu dari tingkat tertinggi pertemuan ilmuwan Mars tentang air ditemukan di planet mars " Kami masih tidak punya "smoking gun" untuk memastikan keberadaan air di RSL , meskipun kami tidak yakin bagaimana proses ini akan berlangsung tanpa air , " kata Lujendra Ojha , seorang mahasiswa pascasarjana di Georgia Institute of Technology , Atlanta , dan memimpin penulis dua laporan baru tentang aliran ini . Dia awalnya menemukan gambar  sementara sarjana di University of Arizona , Tucson , tiga tahun lalu , dalam gambar dari Percobaan Resolusi Tinggi Imaging Science ( HiRISE ) kamera di NASA Mars Reconnaissance Orbiter .


Ojha dan Georgia Tech asisten profesor James Wray baru-baru ini melihat 13 situs RSL dikonfirmasi menggunakan gambar dari pengorbit sama Compact Reconnaissance Spektrometer Pencitraan untuk Mars ( CRISM ) instrumen . Mereka mencari mineral yang RSL mungkin meninggalkan di belakang mereka sebagai cara untuk memahami sifat dari fitur ini : air - terkait atau tidak ?

Mereka tidak menemukan tanda tangan spektral terkait dengan air atau garam . Tapi mereka tidak menemukan tanda tangan spektral yang berbeda dan konsisten mineral besi dan besi di sebagian besar situs . Besi tanah mineral ini lebih berlimpah atau menampilkan ukuran butir yang berbeda dalam bahan - RSL terkait dibandingkan dengan lereng non - RSL . Hasil ini dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters .

Ojha berkata , " Sama seperti RSL sendiri , kekuatan tanda tangan spektral bervariasi sesuai dengan musim . Mereka lebih kuat ketika itu lebih hangat dan kurang signifikan ketika dingin . "

Satu penjelasan yang mungkin untuk perubahan ini adalah penyortiran ukuran butir , seperti penghapusan debu halus dari permukaan , yang dapat mengakibatkan baik dari proses basah atau kering satu . Dua penjelasan lain yang mungkin adalah peningkatan dalam komponen yang lebih teroksidasi ( besi ) dari mineral , atau gelap keseluruhan akibat kelembaban . Salah satu dari ini akan mengarah ke air , meskipun tidak ada air langsung terdeteksi . Pengamatan spektral mungkin akan kehilangan keberadaan air , karena arus gelap yang jauh lebih sempit dari luas tanah sampel dengan setiap pembacaan CRISM . Juga, pengamatan orbital telah dibuat hanya dalam sore hari dan bisa kehilangan kelembaban pagi .

Hipotesis terkemuka untuk fitur ini adalah aliran air dekat permukaan , terus cair dengan garam menekan titik beku air murni . " Aliran air , bahkan air asin , di mana saja di Mars hari ini akan menjadi penemuan besar , mempengaruhi pemahaman kita tentang perubahan iklim hadir di Mars dan mungkin menunjukkan habitat potensial bagi kehidupan di dekat permukaan di Mars modern, " kata Mars Reconnaissance Orbiter Project Scientist Richard Zurek , dari Jet Propulsion Laboratory NASA , Pasadena , California

Dalam penelitian terkait , yang dilaporkan dalam sebuah makalah yang akan diterbitkan oleh jurnal Icarus bulan depan , para ilmuwan Georgia Tech dan koleganya di University of Arizona , US Geological Survey , Flagstaff , Arizona , dan Polandia Academy of Sciences , Warsawa , menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter NASA dan Mars Odyssey pengorbit untuk mencari pola dalam mana dan kapan arus musiman gelap ada di Mars . Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa banyak situs dengan lereng , garis lintang dan suhu yang cocok dikenal situs RSL tidak memiliki bukti RSL .

Mereka diburu untuk daerah yang lokasi yang ideal untuk pembentukan RSL : daerah dekat selatan pertengahan garis lintang di tebing berbatu . Mereka menemukan 200 , tapi hampir setiap dari mereka memiliki RSL . " Hanya 13 dari 200 lokasi telah dikonfirmasi RSL , " kata Ojha . " Fakta bahwa RSL terjadi di beberapa situs dan bukan orang lain menunjukkan faktor yang tidak diketahui tambahan seperti ketersediaan air atau garam mungkin memainkan peran penting dalam pembentukan RSL . "

Mereka membandingkan pengamatan baru dengan gambar dari tahun-tahun sebelumnya , mengungkapkan bahwa RSL jauh lebih melimpah beberapa tahun daripada yang lain .

" NASA suka ' mengikuti air ' dalam mengeksplorasi Planet Merah , jadi kami ingin tahu sebelumnya kapan dan di mana akan muncul , " kata Wray . " RSL telah menghidupkan kembali harapan kami untuk mengakses air modern, tetapi peramalan kondisi basah masih menjadi tantangan. "

JPL , sebuah divisi dari Institut Teknologi California , mengelola Mars Reconnaissance Orbiter dan proyek Odyssey Mars untuk NASA Direktorat Misi Sains , Washington . Lockheed Martin Space Systems di Denver dibangun baik pengorbit . The University of Arizona mengoperasikan kamera HiRISE , yang dibangun oleh Ball Aerospace & Technologies Corp dari Boulder , Colorado The Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory , Laurel , Md , disediakan dan beroperasi CRISM .

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails