Monday, 18 January 2010

Sami Yusuf, pelantun nasyid terkenal dan terbesar di dunia Islam

Sami Yusuf, adalah seorang Muslim Inggris .Penyanyi dan penulis lagu, musik Yusuf sebagian besar adalah lagu yang mengandung pesan-pesan dakwah dan menjadi terkenal sebagai seorang musisi di dunia Islam saat ini.Musiknya juga menyinggung dengan berbagai masalah sosial dan kemanusiaan. Saat ini, ia dengan cepat menjadi sosok yang sangat populer di dunia Islam, setelah membuat video untuk beberapa klip Nasyeednya.Menurut The Guardian, ia "mempunyai klaim yang baik untuk menjadi Muslim Inggris paling terkenal di dunia". Pada tahun 2006 Majalah Time menyebutnya " bintang rock Islam terkenal".

Biografi

Sami Yusuf lahir pada 1980 di kota Teheran, Iran dan pindah ke Britania ketika ia berusia tiga tahun, dan ia dibesarkan di London Barat. Ia berasal dari keluarga etnis Azerbaijan.Pada usia yang sangat muda ia mulai memainkan berbagai alat musik dan antusias dalam menyanyi dan menulis. Ia diterima sebagai mahasiswa komposisi di Royal Academy of Music di London. Di samping belajar di Barat dan komposisi harmonik, Sami memiliki pemahaman yang kuat tentang Iran dan Timur Tengah dan benar-benar mengenal dan akrab dengan Timur dan tradisi musik Barat.

Karir

Sami telah digelar oleh Majalah Time sebagai " bintang rock Islam terbesar " dan telah muncul di sampul lusinan media publikasi utama lain di seluruh dunia . Sami yang taat menjalankan agama dan sering menggunakan seni dan musik sebagai sarana untuk mempromosikan pesan-pesan kasih, rahmat, perdamaian dan toleransi, sementara mendorong para pemuda untuk menjadi bangga dengan identitas mereka.Lagu-lagu Sami Yusuf telah revolusi industri musik Nasheed dan telah melahirkan genre baru musik Islam modern. Lagu terbarunya “you came to me” telah dirilis sebagai hit besar di seluruh dunia. Memiliki lebih dari 550.000 Views di Youtube .


2003-2009: albums pertama bersama awakening
Album pertama Sami Al-Mu'allim diproduksi sendiri dan dirilis pada bulan Juli 2003 dan mencapai sukses besar. Album keduanya, My Ummah, yang dirilis pada tahun 2005, datang dalam dua versi, versi musik dan satunya lagi hanya dengan perkusi. Dia menciptakan banyak lagu dalam berbagai bahasa terutama dalam bahasa Inggris, Arab, Persia, Turki dan Urdu. Dia telah mengadakan konser di seluruh dunia, dan album itu terutama populer di kalangan pemuda Muslim, khususnya Turki, di mana konsernya mengumpulkan 250.000 orang, di Istanbul pada 2007.

Perselisihan Album ketiga dan keluar dari awekening
Album ketiga, Without You, direncanakan akan dirilis pada pertengahan 2008 namun tertunda karena sengketa kontrak .Sebuah album dengan nama itu kemudian diluncurkan oleh Awakening Records pada bulan Januari 2009.Sami Yusuf kemudian menyatakan pada situs resminya bahwa album ini dirilis tanpa sepengetahuan atau persetujuanya, dan ini adalah kompilasi dari demo-demo dan sketsa dengan kualitas yang lebih rendah daripada standar tinggi. Ia telah menyerukan untuk para penggemar nya memboikot.Namun per April 2009 awakening Records terus promosi secara gencar pada situs web. Dan mengatakan bahwa album "Album lengkap dan berkualitas tinggi”.Album yang terdiri dari "11 lagu yang direkam secara profesional".Awakening mengatakan telah membuat "substansial" pembayaran kepada Yusuf untuk album ketiga, yang telah diiklankan di situsnya sejak Mei 2008. Yusuf sebelumnya telah mirilis dua album dengan awakening, dan menandatangani untuk total lima album.Ketika ditanya apakah awakening telah membayar penuh pada bulan Juli 2009, Yusuf menyatakan mereka tidak membayarnya.

2009 - sekarang: ETM Internasional
Setelah perselisihan dengan awakening, Sami pindah ke ETM International record company.

Kerja Sosial
Sami dikenal karena sosialnya yang memberikan waktunya sendiri untuk membantu orang miskin di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2007 Sami pergi ke Sudan dan di Sudan ia mengunjungi panti asuhan sebagai bagian dari misi dukungan untuk meningkatkan kesadaran bagi anak-anak yang sakit di wilayah korban AIDS. Sami mendesak doa untuk perdamaian, pemulihan dan sumbangan melalui Muslim untuk menghubungi badan amal lokal mereka.Dana ini adalah keuntungan setelah melakukan konsert di Stadion Wembley di mana semua keuntungan diberikan ke Islamic Relief untuk membantu krisis di Darfur.Satu tahun kemudian, di Oktober 2008 Sami bepergian ke Afrika Selatan dan di antara konser di tur Afrika Selatan, Sami meluangkan waktu untuk mengunjungi dan membantu menghibur anak-anak di Anak-anak “The Agape Children’s Orphanage” Januari 2009 Sami Dalam perjalanan ke Turki di mana ia diundang oleh HE Emine Erdoğan, istri Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdoğan, untuk menghadiri rapat umum untuk mendukung perdamaian di Gaza. Sebulan kemudian, pada bulan Februari, 2009 Sami Yusuf telah mengambil bagian dalam sebuah Telethon untuk mengumpulkan uang untuk korban Gaza. The telethon berlangsung di Doha, Qatar di 31 Januari, 2009 dalam kaitannya dengan Al Fakhoora Kampanye untuk mengumpulkan uang untuk yang kelaparan dan melarat di Gaza. Hingga saat ini lebih dari $ 100 juta telah disumbangkan.



Disarikan dari berbagai sumber.
By:ayahthari

2 comments :

dewi said...

wah,,terima kasih atas info nya..

memang pas awal lhat video You came to me di Youtube kok ada yg beda?! kenapa ga awakening record??

ternyata begitu ceritanya:)

Ramdhan said...

Wah kebetulan dlm Blog Q jg ada bahasan/download MP3 Sami Yusuf http://www.ramdhan.co.cc/2010/03/sami-yusuf.html salam kenal tuk semua..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails