Wednesday 6 March 2013

Sabah, North Borneo, ternyata milik kesultanan Sulu Philiphina

Sabah, sebuah negeri di utara pulau kalimantan yang selama 50 puluh tahun di kuasai oleh Malaysia, ternyata adalah bagian dari kesultanan Sulu yang berpusat di pulau Jolo.Sejarahnya, dahulu Sabah  milik kesultanan Brunai, tetapi karena Kesultanan Sulu berhasil membantu menumpaskan pemberontakan di Brunai, maka wilayah sabah dihadiahkan kepada kesultanan Sulu di Jolo.

Pada masa kongsi dagang Inggris datang, Sabah disewakan oleh sultan Sulu dengan harga $1,600/ tahun (harga masa itu) Setelah Inggris memerdekakan Malaya, Sabah pada tahun 1963 pun ikut diserahkan kepada Malaysia, dan Malaysia pun masih terus melanjutkan sewa ini  dengan harga $5000/ Tahun. Inggris menganggap dengan bayar sewa ini, Sabah sudah menjadi milik mereka.Demikian juga penyerahan kepada Mlaysia dari kekuasaan Inggris jelas tidak sah.

Selama kurun waktu 50 tahun, mengapa Kesultanan  Sulu tidak mengklaim wilayah Sabah?Hal ini karena di kepulauaSulu sendiri terjadinya perang antara negara Philphina.Pada saat ini, Bangsa Tausug/Suluk/Bangsamoro telah mensdapatkan otonomi khusus, maka mereka kembali mengklaim Sabah adalah bagian wilayah mereka.
inilah beberapa bukti surat kepemilikan Kesultanan Sulu :







No comments :

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails